Penjelasan Singkat Tentang Conversion Rate Optimization
CRO atau Conversion Rate Optimization adalah proses meningkatkan persentase konversi dari situs web atau aplikasi seluler. CRO biasanya melibatkan pembuatan ide untuk elemen di situs atau aplikasi Anda yang dapat ditingkatkan, lalu memvalidasi hipotesis tersebut melalui pengujian A/B dan pengujian multivarian.
Mengapa Conversion Rate Optimization itu penting?
CRO penting karena memungkinkan Anda menurunkan biaya akuisisi pelanggan dengan mendapatkan lebih banyak nilai dari pengunjung dan pengguna yang sudah Anda miliki. Dengan mengoptimalkan tingkat konversi, Anda dapat meningkatkan pendapatan per pengunjung, mendapatkan lebih banyak pelanggan, dan mengembangkan bisnis Anda.
Misalnya, jika halaman arahan memiliki tingkat konversi 10% dan menerima 2000 pengunjung per bulan, maka halaman tersebut akan menghasilkan 200 konversi per bulan. Jika tingkat konversi dapat ditingkatkan menjadi 15% dengan mengoptimalkan berbagai elemen pada halaman, jumlah konversi yang dihasilkan melonjak sebesar 50% menjadi 300 per bulan.
Selalu ada ruang untuk peningkatan dalam hal meningkatkan konversi, dan perusahaan terbaik terus mengulangi dan meningkatkan situs dan aplikasi mereka untuk menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna mereka dan meningkatkan konversi.
Membangun metrik konversi
Conversion rate optimization dimulai dengan terlebih dahulu mengidentifikasi apa tujuan konversi untuk setiap halaman web atau layar aplikasi yang diberikan. Metrik keberhasilan situs web atau aplikasi seluler Anda akan tergantung pada jenis bisnis tempat Anda berada, dan apa tujuan Anda.
Misalnya, jika Anda menjual produk secara online, konversi untuk Anda mungkin pembelian, atau jumlah pengunjung situs web yang menambahkan produk ke keranjang belanja mereka. Jika Anda menjual produk atau layanan ke bisnis, Anda mungkin mengukur jumlah petunjuk pengumpulan situs web Anda atau jumlah unduhan kertas putih.
Beberapa tujuan konversi umum yang diselenggarakan berdasarkan jenis industri:
- Media - halaman halaman, tampilan iklan, langganan buletin, keterlibatan konten yang disarankan
- ECOMMERCE-Penjualan Produk, Add-to-Car, Tingkat Penyelesaian Keranjang Belanja, Pendaftaran Buletin Email
- Perjalanan - Konversi Pemesanan, Pembelian Tambahan, Saham Sosial
- B2B - lead yang dihasilkan, penawaran ditutup
Memulai Conversion Rate Optimization
Memulai CRO sangat mudah dan sederhana, langkah awal adalah untuk membuat pengujian A/B dan multivarian. Lalu, kalian dapat mendapatkan wawasan dan ilmu yang dapat diterapkan di langkah selanjutanya dalam menjalani pemasaran kalian
Comments
Post a Comment